• DP2KBP3A Kabupaten Manggarai Inisiasi Sekolah Lansia

     



    Adanya ledakan jumlah penduduk usia lanjut menjadi perhatian pemerintah dan masyarakat. Jumlah lansia yang tinggi menjadi tantangan untuk membuat para lansia hidup dengan kualitas yang baik dan produktif.  Salah satu kegiatan yang dapat di lakukan oleh institusi pemerintahan maupun di masyarakat untuk berkontribusi dalam penyehatan lansia adalah sekolah informal lansia yang disebut “Sekolah Lansia”.


    Pendekatan sekolah lansia merupakan salah satu konsep pendidikan secara informal yang dilakukan sepanjang hayat yang kepada lanjut usia. Pendidikan seumur hidup/sepanjang hayat adalah sebuah sistem konsep-konsep pendidikan yang menerangkan keseluruhan peristiwa-peristiwa kegiatan belajar-mengajar yang berlangsung dalam keseluruhan kehidupan manusia. Hal tersebut juga sesuai dengan UU RI No 13 tahun 1998 tentang kesejahteraan lanjut usia bahwa sebagai penghormatan dan penghargaan kepada lanjut usia diberikan hak untuk meningkatkan kesejahteraan sosial, diantaranya adalah pelayanan pendidikan dan pelatihan.



     Kali ini hadir sekolah lansia di Kabupaten Manggarai Provinsi NTT (21/1). Salah satu kegiatan yang diinisasi melalui kerjasama Indonesia Ramah Lansia dengan Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdataan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP2KBP3A) Kabupaten Manggarai NTT. Kegiatan ini merupakan terobosan berupa inovasi daerah dalam upaya penyehatan dan peningkatan kesejahteraan lansia khususnya yang berada di Kabupaten Manggarai Prov NTT. Sebanyak 35 orang pemangku kepentingan mulai dari camat, dinas kesehatan, dinas sosial, dinas pendidikan, kepala puskesmas, tim penggerak PKK, dinas pemberdayaan masyarakat, penyuluh KB termasuk tokoh agama yang bergerak di bidang keluarga mengikuti kegiatan sosialisasi sekolah lansia. Kegiatan ini merupakan rangkaian dari penandatanganan perjanjian kerjasama/MOU dengan IRL juga sekaligus koordinasi lintas sectoral sekolah lansia yang dihadiri langsung Bapak Drs. Silvanus Hadir, MMA selaku Kepala Dinas DP2KBP3A. Sebagai direktur kemitraan dan litbang Bapak Erjin Amigo, Ns., M. Kep., Sp. Kep., Kom mewakili IRL memberikan informasi mengenai pentingnya kegiatan sekolah lansia serta teknis pelaksanaan. Sekolah lansia ini tidak hanya sekedar mempelajari mengenai aspek kesehatan fisik, didalamnya memiliki keterkaitan antar elemen baik kesehatan fisik itu sendiri,yaitu aspek sosial, psikologis, ekonomi dan spiritual.