• Sekolah Lansia Online Bersama BKKBN

     



    Kolaborasi Indonesia Ramah Lansia (IRL) dengan BKKBN DIY sebagai upaya peningkatan lansia tangguh dalam pelaksanaan sekolah lansia online bagi anggota BKL (Bina Keluarga Lansia). Kegiatan ini rutin dilaksanakan meski masih pandemi dengan pendekatan dalam jaringan. 

    Kegiatan ini dilaksanakan reguler sebulan 1-2 kali dengan berbagai materi yang telah disiapkan dalam sebuah kurikulum pembelajaran informal. Kegiatan dilakukan melalui media zoom dan video yang dapat diikuti di youtube. Materi pembelajaran dengan tujuan 7 dimensi lansia tangguh meliputi: spiritual, intelektual, fisik, emosional, sosial kemasyarakatan, profesional, vokasional, dan lingkungan. Tujuh dimensi tersebut juga menjadi indikator lansia yang sehat secara fisik, sosial, mental, mandiri, aktif, dan produktif.

    Semoga dapat direplikasi model pendidikan informal melalui sekolah lansia online bagi lansia di BKL maupun pada kelompok masyarakat seperti posyandu lansia, posbindu PTM maupun komunitas lanjut usia. Terima kasih atas kolaborasi yang hebat menuju 7 dimensi lansia tangguh bersama BKKBN.