• Workshop Penyusunan Grand Design Kawasan Ramah Lansia


    Jumlah lansia yang terus meningkat tersebut mendorong seluruh lapisan masyarakat untuk melakukan perbaikan agar masyarakat lansia tersebut tidak terlupakan begitu saja. Hal ini dikarenakan para lansia mempunyai kebutuhan khusus yang berbeda dengan golongan usia lainnya. Beberapa aspek yang harus menjadi pertimbangan dalam mewujudkan kawasan ramah lansia adalah ruang terbuka, transportasi, lingkungan perumahan, pelayanan kesehatan, pelayanan keagamaan dan spiritual, fasilitas penunjang dalam melakukan perjalanan, komunikasi dan informasi, dukungan dan kepedulian masyarakat dan pemerintah, keringanan biaya, rasa, kontrol, partisipasi sosial, penghormatan, dan pekerjaan.  

    Kerja sama antar instansi pemerintah daerah diperlukan untuk terus meningkatkan kesejahteraan para lanjut usia. Bertempat di Quality Hotel workshop grand design kawasan ramah lansia yang diinisiasi oleh dinas sosial DIY dilaksanakan sebagai bentuk rencana aksi daerah untuk meningkatkan kesejahteraan lansia di DIY. Sekaligus membuka acara dan pemberian arahan oleh Kepala Dinas Sosial DIY Bapak Drs. Untung Sukaryadi, MM. 

    Ibu Peni Sumarwati, S.Psi, selaku Kabid Perlindungan dan Jaminan Sosial, Dinas Sosial DIY menyampaikan bahwa kawasan ramah lansia merupakan suatu kebutuhan untuk mendukung lansia hidup lebih sejahtera.  Ibu Ro'fa PhD dan Ibu dr. Maria Widagdo, PhD dalam paparannya banyak membahas indikator mengenai kota ramah lansia yang sudah tertuang di WHO serta standarisasi ramah lansia dari aspek pelayanan kesehatan.


    IRL sebagai salah satu lembaga yang memiliki fokus penanganan lansia berkontribusi dalam kegiatan workshop penyusunan grand design kawasan ramah lansia sebagai narasumber yaitu Direktur IRL, Ibu Dwi Endah MPH dengan materi yang disampaikan mengenai “best practice mengenai desa ramah lansia” yang sudah dilakukan oleh IRL di wilayah Kabupaten Bantul. Peserta workshop sangat antusias untuk diskusi dan bertukar pengalaman yang terdiri dari stakeholder yang berada di wilayah DIY seperti dinas kesehatan Kota/Kab dan Propinsi, Dinsos Kota/Kab, BKKBN, Komda Lansia, LSM, LKS yang akan membantu dalam penyusunan grand design kawasan ramah lansia di wilayah DIY.  Semoga kegiatan ini menjadi ikhtiar bersama dalam mewujudkan DIY sbg propinsi ramah lansia.