• Kontribusi IRL dalam Posyandu Lansia


    Posyandu lansia merupakan pengembangan dari kebijakan pemerintah melalui pelayanan kesehatan bagi lansia sebagai penyelenggaraannya melalui program Puskesmas dengan melibatkan peran serta para lansia, keluarga, tokoh masyarakat dan organisasi sosial. Kegiatan yang sudah tersistem ini perlu peran serta masyarakat dan swasta dalam pelayanan kesehatan terpadu yang ada di masyarakat.  

    Indonesia Ramah Lansia terus bersinergi dengan pemerintah untuk mewujudkan peningkatan kemandirian dan kesehatan lanjut usia. Salah satu kegiatan yang dilakukan yaitu mendukung dan berkontribusi dalam posyandu lansia.  Posyandu lansia merupakan bentuk pelayanan kesehatan bersumber daya masyarakat yang dibentuk oleh masyarakat berdasarkan inisiatif dan kebutuhan itu sendiri yang ditujukan untuk masyarakat usia lanjut yaitu diatas 60 tahun. Tujuan posyandu lansia yaitu meningkatkan akses pelayanan kesehatan lansia di masyarakat, sehingga terbentuk pelayanan kesehatan yang sesuai dengan kebutuhan lansia, dan meningkatkan komunikasi antara masyarakat usia lanjut.

    Kegiatan yang ada di posyandu lansia selain Pemberian Makanan Tambahan (PMT), Senam dan pemeriksaan kesehatan berupa tensi juga ada pojok peduli kepikunan (dementia Care Corner). Pojok peduli demensia ini diselenggarakan melihat kebutuhan yang ada diposyandu. Kegiatan ini berupa permainan, edukasi dan beberapa intervensi seperti brain gym, Art-Therapy dll. Diharapkan adanya posyandu lansia dikemas dengan kegiatan inovatif dan menarik agar lansia selalu bersemangat hadir dan semakin sehat. (dw)