• Kolaborasi dalam Sekolah Lansia

    Keberhasilan suatu program guna kemaslahatan masyarakat tidaklah berarti tanpa dukungan dari berbagai pihak dengan visi yang sejalan. Adapun Yayasan Indonesia Ramah Lansia meyakini bahwa kerjasama dan kolaborasi merupakan kunci dalam mewujudkan kawasan ramah lansia di Indonesia. Sekolah Lansia sebagai salah satu program unggulan adalah bentuk dari perwujudan menuju kawasan ramah lansia yang secara konsisten ditunjukkan melalui peningkatan kesadaran untuk peduli pada isu kelanjutusiaan di Indonesia. Melalui Sekolah Lansia, lansia dapat menunjukkan bahwa mereka masih mampu untuk berdaya dan aktif dalam fungsi sosialnya di masyarakat dengan aplikasi kegiatan-kegiatan yang dapat menambah wawasan maupun perbaikan kualitas hidup. 

    Sebagai provinsi dengan persentase penduduk lansia tertinggi (13,8%) di Indonesia, tentunya menjadi tantangan tersendiri bagi Daerah Istimewa Yogyakarta. Adapun tantangan yang siap menghadang adalah bagaimana untuk terus meningkatkan dan menjaga kualitas hidup lansia agar dapat hidup sehat, aktif, mandiri, dan bahagia di sisa hidupnya. Hal ini yang mendasari bahwa sinergi dan kontribusi antar lembaga diperlukan guna memperluas cakupan kemanfaatan program khususnya bagi lanjut usia di masyarakat sehingga kesejahteraan lanjut usia dapat terwujud secara optimal. Upaya yang dilakukan bersama melalui kegiatan sekolah lansia berupa pemberian edukasi dalam peningkatan pengetahuan agar lanjut usia adaptif terhadap proses penuaan. 

     

    Oleh karena itu atas dukungan dan kerjasamanya selama ini, kami bermaksud mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya atas kepercayaan dari berbagai stakeholder kepada kami sebagai penyelanggara program. Semoga kolaborasi ini dapat terus berjalan dan semakin luas afeksi dan output yang dapat dihasilkan.