• Penyebab Memar Tanpa Terbentur




    Hey sobat IRL.

    Kadang sobat IRL bingung kan, kenapa tiba-tiba ada memar atau kebiruan pada tubuh sobat sekalian. Padahal sebelumnya tidak terbentur apapun, dan banyak juga dari kita yang berpikir akibat dijilat setan. Tentu Bukan yah sobat IRL . Mengutip dari majalah GOLDEN (Sahabat Setia Di Usia Emas)

    Ada 7 Penyebab Memar Tanpa Benturan seperti berikut :


    1. Penuaan

    Kulit yg sudah mengalami penuaan tampak lebih tipis, bening dan pucat. Hal ini dpt menyebabkan memar lebih sering terjadi.


    2. Kekurangan Vitamin  

    Kekurangan vit. C dapat menyebabkan pembuluh darah lemah dan mudah mengalami memar.  Selain itu,kekurangan vit. K dapat membuat pembuluh darah bocor dan tampak dipermukaan kulit sebagai memar.


    3. Stress dan Kelelahan

    Bercak biru akibat memar dapat terjadi jika seseorang mengalami kelelahan atau sedang stress.  Untuk mengatasinya, kurangi tingkat stress anda dan perbanyak istrahat.


    4. Kurang keping darah

    Keping darah atau biasa disebut dengan trombosit berfungsi untuk membekukan darah. Dalam keadaan sehat, umumnya tubuh manusia mampu menampung 150.000 hingga 450.000 keping darah atau trombosit. Jika kekurangan trombosit maka sobat IRL cenderung memiliki memar/ruam pada kulit karena darah encer mudah merembes keluar dari pembuluh darah kapiler.


    5. Olahraga Yang Berlebihan

    Olahraga tentu baik untuk kesehatan tubuh. Namun saat Anda memaksa otot-otot untuk bekerja  secara  berlebihan ketika berolahraga berat, pembuluh darah bisa pecah dan dapat menyebabkan memar pada kulit. Serat-serat otot yang robek akibat aktivitas fisik yang berat juga dapat menyebabkan memar.


    6. Konsumsi Obat

    Ada jenis obat2an tertentu yang dapat menyebabkan memar orang mudah memar. Obat pengencer darah untuk mencegah penggumpalan darah dapat meningkatkan resiko munculnya memar pada kulit. Sebaiknya, konsultasikan dulu kepada dokter sebelum anda mengkonsumsi obat-obatan.


    7. Penyakit-penyakit tertentu

    Ada beberapa macam penyakit tertentu yang dapat menyebabkan anda terkena memar.   Penyakit  leukemia atau kanker darah juga menyebabkan memar pada tubuh karena kurang keping darah. Adapun hemofilia yang merupakan penyakit keturunan dan menyebabkan darah sulit menggumpal akibat kurang protein. Hal ini dapat menimbulkan memar tanpa sebab. Lalu penyakit kencing manis atau diabetes melitus yang beresiko menyebabkan resistensi insulin dapat menimbulkan memar karena pembuluh darah yang rusak